Kuliah Umum Semester Ganjil 2017/2018

kuliah umumDalam rangka memulai masa perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2017/2018, STAI Madinatul Ilmi (STAIMI) Depok pada Sabtu, 23 September 2017, mengadakan Kuliah Umum yang disampaikan oleh Bapak H Zulfan Lindan (anggota komisi VI DPR RI) dengan tema: “Integrasi Pendidikan Islam dalam Konteks Kebhinekaan.”

Pada acara yang dibuka secara resmi oleh ketua STAIMI, Drs Asep Kusnadi, M.Pd, yang diikuti oleh mahasiswa baik program boarding maupun reguler itu, beliau menyoroti beberapa hal penting yang menjadi problem dari dunia pendidikan di Indonesia sekarang ini. Di antaranya, adanya pengaruh kepentingan politik yang masuk ke dunia pendidikan sehingga mengacaukan arah pendidikan nasional kita. Menurut Zulfan Lindan seharusnya misi dan kepentingan partai politik tidak boleh di bawah masuk ke arena pendidikan di sekolah. Sebab hal seperti itu seperti terbukti sekarang ini telah dimanpaatkan untuk tujuan politik dan ideologi tertentu, sehingga munculnya radikalisme di sekolah-sekolah, yang sudah tentu bertentangan dengan misi pendidikan di negara kita.

Pada bagian lain, beliau menegaskan bahwa sistem pendidikan di sekolah-sekolah perlu menanamkan kembali character building, yakni pembangunan karakter seperti yang dulu pernah digagas oleh Bung Karno. Dengan membangun karakter itu maka melalui lembaga pendidikan akan menghasilkan masyarakat yang berbudaya dan disiplin. Sejalan dengan itu, ia berpesan kepada mahasiswa STAIMI agar memiliki semangat dan rasa percaya diri yang tinggi dan menguasai berbagai keahlian sebagai bekal dalam menghadapi kompetisi di dalam masyarakat nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *