Lembaga Pengembangan Bahasa Arab

Program Tahun Bahasa Arab: Mewujudkan Kampus Berbahasa Arab

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru agama adalah kemampuan bahasa Arab. Ini karena sumber utama agama Islam al-Quran dan hadis ditulis dalam bahasa Arab, begitu juga semua ibadah dalam Islam memakai pengantar bahasa Arab, maka sudah menjadi tuntutan profesi seorang guru agama harus menguasai bahasa Arab, di samping tentu saja sebagai wujud aktual kecintaan setiap Muslim terhadap bahasa agamanya ini.

Karena itu STAI Madinatul Ilmi telah mencanangkan tahun ajaran 2017-2018 sebagai tahun bahasa Arab yang diresmikan langsung oleh ketua yayasan Ust. DR, Abdurahman Bima, MA.

Untuk mewujudkan hal tersebut dibentuk Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) yang diketuai oleh Salman Parisi, M. Ud dan dibantu oleh TIM LPBA yang digawangi oleh saudara Ali Bima dan Saudari Khoirunnisa.

Adapun program-program unggulannya adalah:

  1. Acara perkuliahan Bahasa Arab seminggu lima hari dengan buku panduan kitab Al-Arabiyyah bayna Yadayk. Adapun dosen pengampunya adalah Ust. Abdurahman Baraghbah, Lc, Ust Muammar, Lc, Ust Alwi Muhdhar, MAm, Ust Hasan Mawardi, M.Sc, Ust Salman Parisi, M. Ud dan Tim LPBA. Adapun target dari program ini adalah setiap minggu menguasai satu unit. Setiap selesai dua unit dilakukan tes lisan.
  2. Radio Lokal. Radio ini bernama radio Mahabbah. Radio ini adalah sarana untuk mempraktikkan bahasa Arab secara langsung dan juga sebagai sarana untuk mewujudkan lingkungan bahasa Arab. Setiap hari radio ini melakukan siaran. Adapun materi siarannya adalayh berita bahasa Arab, praktik buku al-Arabiyyah bayna Yadayk, dan wawancara berbahasa Arab.
  3. Kegiatan harian Bahasa Arab. Kegiatan ini dipandu oleh divisi harian bahasa Arab yang setiap hari menyampaikan kalimat-kalimat bahasa Arab harian yang harus dipraktikkan mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari mereka. Motto dari program ini: Kulla Yaum, Jumlah Wahidah. Setiap hari satu kalimat bahasa Arab. Diharapkan dalam setahun sudah terbentuk lingkungan bahasa Arab.
  4. Kegiatan bulanan bahasa Arab. Kegiatan ini menampilkan drama bahasa Arab, pembacaan puisi bahasa Arab dan pidato bahasa Arab. Di adakan sebulan sekali dan mahasiswa digilir menjadi pertugasnya.