Profile STAIMI

“..Dialah yang telah mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah…”

Sejarah Pendirian STAI Madinatul Ilmi

Screenshot_2016-01-11-06-14-06~2Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Madinatul Ilmi Depok merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam yang bernaung di bawah Yayasan Madinatul Ilmi, semula pada tahun 1997 sampai 1999 berkedudukan di Jl. Margondaraya No. 224 Depok, dan mulai tahun 2000 hingga sekarang telah menempati kampus sendiri di atas areal seluas 18.149 m2 yang beralokasi di Jln. Pakis (Kampus) Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas, Depok.

STAIMI dirintis pendiriannya di Kota Administrasi  Depok Jawa Barat pada tanggal 1 Agustus 1997. Kehadirannya merupakan wujud nyata dari kemauan, niat dan kesungguhan yang kuat dari para pendirinya untuk turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya melalui program pendidikan tinggi.

Pendiriannya dimaksudkan sebagai respon terhadap kian meningkatnya minat masyarakat, terutama kalangan menengah terdidik dalam mengikuti berbagai bentuk kajian ilmu-ilmu keislaman, sebagai sebuah alternatif dan bekal dilalam menghadapi berbagai persoalan hidup masyarakat modern.

Dalam perjalanannya STAI Madinatul Ilmi saat ini sudah berumur 19 tahun, melalui perjuangan yang keras dan tekun dari para pengelolanya, STAI Madinatul Ilmi telah berhasil mendapatkan pengakuan dari pemerintah dan masyarakat  sebagai Perguruan Tinggi Islam yang sejajar kedudukannya dengan 74 PTKIS lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat dan Banten dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 2 Oktober 1998, demikian pula STAI Madinatul Ilmi kedepan akan berbenah dan menata kembali untuk lebih ditingkatkan dengan membuka prodi – prodi baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan tidak meninggalkan ciri khasnya sebagai kampus yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama Islam.

Mulai tahun 2000 sampai sekarang, STAI Madinatul Ilmi telah melakukan  akreditasi untuk program studi Pendidikan Agama Islam (Terbiyah), sehingga untuk jurusan tersebut diberikan wewenang penuh untuk melaksanakan ujian mandiri.