Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah:

  1. Menyiapkan mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan menguasai ilmu-ilmu yang berhubungan dengan pendidikan dan pengajaran.
  2. Membekali mahasiswa agar memiliki keterampilan mengajar kreatif dan profesional.
  3. Menyiapkan mahasiswa menguasai pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan nilai (value) mengenai pendidikan dan pengajaran.
  4. Membekali mahasiswa dengan dasar-dasar teori pendidikan sebagai pedoman dalam praktek pengajaran.
  5. Membekali mahasiawa agar mampu memahami hakikat dan proses pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam, serta penelaahannya.
  6. Membekali mahasiswa mengenai dasar-dasar metodologi penelitian dan mampu melakukan penelitian dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan Islam.
  7. Menyiapkan mahasiswa yang tidak hanya mampu meneliti, tetapi juga menghayati sekaligus menemukan solusi terhadap berbagai permasalahan pendidikan pada umumnya, dan pendidikan Islam pada khususnya.
  8. Membekali mahasiswa agar menguasai standar etik dan standar nilai dalam menangani permasalahan pendidikan.
  9. Menyiapkan mahasiswa agar memahami metode-metode pengajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia pendidikan.
  10. Melahirkan sarjana yang mampu menyusun dan mengevaluasi dengan baik setiap program pendidikan dan pengajaran, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar lembaga pendidikan.
  11. Membekali dan menyiapkan mahasiswa agar menjadi tenaga pendidik yang profesional dan kompeten, baik pada tingkat Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah), maupun Perguruan Tinggi Islam dan umum.
  12. Melahirkan sarjana yang mampu mengamalkan syariat Islam dalam kehidupan pribadi dan keluarga, sehingga menjadi teladan bagi masyarakat sekitarnya.
  13. Menyiapkan mahasiswa agar mampu memahami dan menguasai Bahasa Arab, baik secara pasif maupun aktif.
  14. Menyiapkan mahasiswa agar mampu memahami dan menguasai Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun aktif.
  15. Khusus program boarding, tujuan Program Studi Pendidikan Agama Islam juga untuk menyiapkan dan melahirkan lulusan yang mampu menghafal al-Qur’an, minimal tiga juz al-Qur’an, meliputi juz 29, 30 dan surat-surat pilihan, serta mampu memahami isi kandungannya.
    Rumusan tujuan Program Studi Pendidikan Agama Islam tersebut dibuat dengan merujuk kepada visi dan misi yang telah dirumuskan oleh STAI Madinatul Ilmi sendiri.